Sabtu, 22 Maret 2014

KELOMPOK 5

TEORI BRONFENBRENNER

Teori Urie Bronfenbrenner (1917) fokus utamanya adalah pada konteks sosial dimana anak tinggal dan orang-orang yang mempengaruhi perkembangan anak.

            Teori ekologi Bronfrnbrenner terdiri dari lima system lingkungan yang merentang dari interpersonal sampai ke pengaruh kultur yang lebih luas. Bronfenbrenner menyebut system-sistem itu sebagai mikrosistem, mesosistem, ekosistem, makrosistem, dan kronosistem.
1.        Mikrosistem adalah setting dimana individu banyak menghabiskan waktu. Dalam konteks ini, individu berinteraksi langsung dengan orangtua, guru, teman seusia, dan orang lain. Contohnya adalah ketika saya menghabiskan banyak waktu dengan keluarga saya, saling berbagi dalam cerita, tertawa bersama , makan bersama dan menikmati saat-saat yang paling berharga setiap harinya menjadikan saya menjadi orang yang paling menantikan saat-saat itu ketika kuliah karna harus jauh dari keluarga. Begitu juga dengan teman-teman yang setiap hari bertemu disekolah dan saling berbagi cerita dan bermain bersama.

2.       Mesosistem adalah kaitan antar-mikrosistem. Hubungan antara pengalaman dalam keluarga dengan pengalaman di sekolah, dan antara keluarga dengan teman sebaya. Contohnya adalah ketika saya berada dirumah, saya menjadi kakak yang cerewet bagi adik saya dan anak yang bisa berbagi cerita dengan mama dan papa saya sehingga membuat saya menjadi anak yang terbuka dan ceria. Tapi ketika saya berada dikalangan teman-teman saya, saya menjadi teman yang bijaksana dan tentunya saya tidak mengeluarkan kecerewetan saya terhadap teman-teman saya. Apalagi terhadap guru ataupun dosen, saya lebih pendiam dan tertutup.


3.       Ekosistem adalah ketika pengalaman di setting lain mempengaruhi pengalaman yang lain dalam konteks sendiri. Misalnya, dewan sekolah dan dewan pengawas taman di dalam suatu komunitas. Mereka memegangi peran kuat dalam menentukan kualitas sekolah, taman, fasilitas rekreasi, dan perpustakaan. Keputusan mereka bisa membantu atau menghambat perkembangan anak. Contohnya adalah ketika sekolah membuat suatu keputusan didalam kurikulum yang baik anak-anak menyesuaikan perubahan yang ada.

4.       Makrosistem adalah kultur yang luas. Kultur adalah istilah yang mencakup peran etnis dalam perkembangan anak. Kultur adalah sebuah konteks di mana murid dan guru tinggal, termasuk nilai dan adat istiadat masyarakat. Budaya tentu saja sangat mempengaruhi kehidupan kita, sebagai orang yang hidup dalam budaya batak, keluarga saya cukup menjalankan budaya dengan baik. Kalau didalam budaya batak anak laki-laki bagaikan harta yang sangat berharga dulunya. Dulu juga dapat kita lihat sendiri orang-orang yang mendapat pendidikan, bekerja dan orang-orang yang menjadi pemimpin adalah seorang lelaki. Tapi kini semuanya menjadi sama rata peranan laki-laki dan perempuan dalam segala hal sudah menjadi rata. Begitu juga dikeluarga saya, orangtua saya tidak pernah membedakan kasih sayang mereka terhadap anak laki-laki maupun anak perempuan mereka.  Salah satu aspek dari status sosiekonomi murid adalah faktor perkembangan dalam kemiskinan. Kemiskinan dapat memengaruhi perkembangan anak dan merusak kemampuan mereka untuk belajar, meskipun beberapa anak di lingkungan yang miskin sangat ulet.


5.       Kronosistem adalah kondisi sosiohistoris dari perkembangan anak. Anak-anak sekarang adalah generasi pertama yang mendapatkan perhatian setiap hari, generasi pertama yang tumbuh di lingkungan elektronikyang dipenuhi oleh komputer dan bentuk media baru, generasi yang tumbuh dalam revolusi seksual, dan generasi pertama yang tumbuh di dalam kota yang semrawut dan tak terpusat, yang tidak lagi jelas batas antara kota, pedesaan atau subkota. Anak-anak yang hidup dalam era sekarang ini memeng sangat dimanjakan oleh kemajuan IPTEK, membuat mereka menjadi anak yang kurang berusaha dan individualis. Ini dapat menyebabkan perkembangan anak-anak tidak berkembang dengan baik dan dapat merusak perkembangan anak-anak kalau tidak dimanfaatkan dengan baik. Dikeluarga saya adik-adik say memang ikut menikmati kemajuan IPTEK tapi semuanya itu dibawah pengawasan orang tua saya, agar mereka memanfaatkannya dengan baik

Sekian postingan hari ini semoga bermanfaat buat kita se

Tidak ada komentar:

Posting Komentar