KELOMPOK 5
TEORI BRONFENBRENNER
Teori Urie Bronfenbrenner (1917) fokus utamanya adalah pada
konteks sosial dimana anak tinggal dan orang-orang yang mempengaruhi
perkembangan anak.
Teori
ekologi Bronfrnbrenner terdiri dari lima system lingkungan yang merentang dari
interpersonal sampai ke pengaruh kultur yang lebih luas. Bronfenbrenner menyebut
system-sistem itu sebagai mikrosistem, mesosistem, ekosistem, makrosistem, dan
kronosistem.
1.
Mikrosistem
adalah setting dimana individu banyak menghabiskan waktu. Dalam konteks ini,
individu berinteraksi langsung dengan orangtua, guru, teman seusia, dan orang
lain. Contohnya adalah ketika saya menghabiskan banyak waktu dengan keluarga
saya, saling berbagi dalam cerita, tertawa bersama , makan bersama dan
menikmati saat-saat yang paling berharga setiap harinya menjadikan saya menjadi
orang yang paling menantikan saat-saat itu ketika kuliah karna harus jauh dari
keluarga. Begitu juga dengan teman-teman yang setiap hari bertemu disekolah dan
saling berbagi cerita dan bermain bersama.
2.
Mesosistem
adalah kaitan antar-mikrosistem. Hubungan antara pengalaman dalam keluarga dengan
pengalaman di sekolah, dan antara keluarga dengan teman sebaya. Contohnya adalah
ketika saya berada dirumah, saya menjadi kakak yang cerewet bagi adik saya dan
anak yang bisa berbagi cerita dengan mama dan papa saya sehingga membuat saya
menjadi anak yang terbuka dan ceria. Tapi ketika saya berada dikalangan
teman-teman saya, saya menjadi teman yang bijaksana dan tentunya saya tidak
mengeluarkan kecerewetan saya terhadap teman-teman saya. Apalagi terhadap guru
ataupun dosen, saya lebih pendiam dan tertutup.
3.
Ekosistem
adalah ketika pengalaman di setting lain mempengaruhi pengalaman yang lain dalam
konteks sendiri. Misalnya, dewan sekolah dan dewan pengawas taman di dalam
suatu komunitas. Mereka memegangi peran kuat dalam menentukan kualitas sekolah,
taman, fasilitas rekreasi, dan perpustakaan. Keputusan mereka bisa membantu
atau menghambat perkembangan anak. Contohnya adalah ketika sekolah membuat
suatu keputusan didalam kurikulum yang baik anak-anak menyesuaikan perubahan
yang ada.
4.
Makrosistem
adalah kultur yang luas. Kultur adalah istilah yang mencakup peran etnis dalam
perkembangan anak. Kultur adalah sebuah konteks di mana murid dan guru tinggal,
termasuk nilai dan adat istiadat masyarakat. Budaya tentu saja sangat
mempengaruhi kehidupan kita, sebagai orang yang hidup dalam budaya batak,
keluarga saya cukup menjalankan budaya dengan baik. Kalau didalam budaya batak
anak laki-laki bagaikan harta yang sangat berharga dulunya. Dulu juga dapat
kita lihat sendiri orang-orang yang mendapat pendidikan, bekerja dan orang-orang
yang menjadi pemimpin adalah seorang lelaki. Tapi kini semuanya menjadi sama
rata peranan laki-laki dan perempuan dalam segala hal sudah menjadi rata. Begitu
juga dikeluarga saya, orangtua saya tidak pernah membedakan kasih sayang mereka
terhadap anak laki-laki maupun anak perempuan mereka. Salah satu aspek dari status sosiekonomi murid
adalah faktor perkembangan dalam kemiskinan. Kemiskinan dapat
memengaruhi perkembangan anak dan merusak kemampuan mereka untuk belajar,
meskipun beberapa anak di lingkungan yang miskin sangat ulet.
5.
Kronosistem
adalah kondisi sosiohistoris dari perkembangan anak. Anak-anak sekarang adalah
generasi pertama yang mendapatkan perhatian setiap hari, generasi pertama yang
tumbuh di lingkungan elektronikyang dipenuhi oleh komputer dan bentuk
media baru, generasi yang tumbuh dalam revolusi seksual, dan generasi pertama
yang tumbuh di dalam kota yang semrawut dan tak terpusat, yang tidak lagi jelas
batas antara kota, pedesaan atau subkota. Anak-anak yang hidup dalam era
sekarang ini memeng sangat dimanjakan oleh kemajuan IPTEK, membuat mereka
menjadi anak yang kurang berusaha dan individualis. Ini dapat menyebabkan
perkembangan anak-anak tidak berkembang dengan baik dan dapat merusak
perkembangan anak-anak kalau tidak dimanfaatkan dengan baik. Dikeluarga saya
adik-adik say memang ikut menikmati kemajuan IPTEK tapi semuanya itu dibawah
pengawasan orang tua saya, agar mereka memanfaatkannya dengan baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar